Sabtu, 06 Maret 2010

Taman Nasional Baluran (Baluran National Park)

Hmm...halo teman! pingin share lagi nih. Situbondo, selain punya makanan khas, juga punya Taman Nasional (TN) lho! Namanya Baluran. Tapi jangan keliru ke Blauran ya..hehe..karena di Surabaya juga ada tempat yang disebut Blauran. Itu lho tempat penjualan buku bekas dan buku palsu.

Oke, balik lagi ke TN Baluran. Beberapa waktu yang lalu (saya lupa tanggalnya), saya pernah mendampingi mahasiswa STKIP PGRI Situbondo melakukan studi lapangan di TN ini. Wilayahnya sangat luas. Anda tidak akan mampu mengelilinginya hanya dengan berjalan kaki. Tumbuhannya juga sangat bervariasi. Mulai dari hutan homogen, heterogen, hingga evergreen. Tetapi saya sarankan Anda berkunjung saat musim hujan. Karena pada musim kemarau, tetumbuhan meranggas. Hampir tidak ada tumbuhan yang berdaun hijau, selain kawasan evergreen tentunya.

Anda ingin menginap? Boleh saja. Di TN ini juga disediakan fasilitas menginap lengkap dengan makanannya, namanya Penginapan Bekol. Tetapi hati-hati, populasi Macaca sp. di daerah ini sangat melimpah. Mereka tidak hanya masuk ke kamar Anda, tetapi juga merusak, dan mengambil barang bawaan Anda. Jadi, kunci rapat-rapat kamar Anda dan jangan ada celah sedikitpun.

Ingin menyelam? Atau meneliti vegetasi pantai? Bisa Anda lakukan di Pantai Bama. Jaraknya sekitar 2 KM dari Penginapan Bekol. Anda bisa berjalan kaki. Sangat menyenangkan berjalan kaki dari Penginapan Bekol ke Pantai Bama jika bersama-sama.

Di bawah ini beberapa jepretan saya di TN Baluran...


















Oke, silahkan berkunjung ke TN Baluran!

Tidak ada komentar: