Rabu, 29 Juni 2011

Mic Doesn't Work [Skype for Ubuntu 10.04]

Sudah beberapa bulan terakhir, saya tidak bisa berkomunikasi dengan lancar via skype. Entah, awalnya saya pikir kerusakan ada pada laptop saya. Jadi saya tak pernah gugling untuk mencari informasi mengapa-mengapa nya. Satu-satunya cara yang saya lakukan sebelumnya adalah mengubah setting pada sound option di tab. Tapi hasilnya nol.

Beberapa hari yang lalu, teman saya, Febiansyah Hidayat, mengundang saya ke forum ubuntu di gmail. Sebenarnya saya punya banyak pertanyaan mengenai linux, dan sampai sekarang hal itu belum terjawab [masih saya cari jawabannya, khususnya mengenai install MS Office menggunakan wine].

Sampai tadi malam, saya masih stress memikirkan cara itu, plus stress memikirkan penelitian di lab, hehe. Akibatnya hingga subuh saya masih betah di lab karena saya tak bisa tidur.

Pagi ini, saya ingin lebih santai supaya ngga stress-stress banget. Setelah mengerjakan preparasi penelitian dan menunggu autoklaf di lantai 4 yang butuh waktu hampir sejam sekali jalan, saya iseng gugling masalah skype. Lalu ketemulah ini.

1. Pergi ke terminal, ketik alsamixer, tekan enter


2. Tekan F4 untuk pengaturan recording, lalu gunakan kursor kiri/ kanan untuk memindahkan ke pengaturan microfon [capture]. Gunakan tombol z atau c untuk menonaktifkan salah satu channel di Capture.



3. Tekan tombol esc untuk keluar dari alsamixer.

4. Tekan tombol x/ close untuk keluar dari terminal.


Ternyata sodara-sodara, masalahnya ada pada Capture itu. Kalo kita pake kedua channelnya, suara yang masuk ke mic jadi tidak lancar.


Untuk lebih jelasnya bisa ke sini sih: http://codetrips.blogspot.com/2011/05/skype-on-ubuntu-1004-mic-doesnt-work.html



Oke dah, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar: