Rabu, 15 Februari 2012

Visa Extension in Korea

Bismillah..

Sebentar lagi visa saya akan expired. Rencananya sebelum bulan Maret, saya bersama dengan dua mahasiswa asing lainnya akan ke kantor imigrasi di Gumi untuk memperpanjang visa kami.

Informasi mengenai prosedur perpanjangan visa dapat diakses di situs immigration.go.kr
Perlu diingat bahwa membuka situs-situs seperti ini, disarankan menggunakan aplikasi internet explorer (IE). Alasannya karena aplikasi lain (seperti Google Chrome atau pun Mozilla Firefox) tidak bisa menginstall pop out-pop out yang dibutuhkan saat kita membuka situs itu.

Cuma pengingat buat saya pribadi, yang susah mengingat, saya tuliskan saja langkahnya:
Pertama, buka IE, masukkan alamat situs.



Kedua, di halaman bagian bawah, klik 'visa'.



Lalu di bagian kiri halaman akan muncul tulisan: Immigrations, klik Foreign sojourn, lalu klik Extension of Stay.



Setelah itu, klik Status of stay (35), di dalam kotak di bagian tengah halaman.



Nah, setelah itu kita bisa memilih jenis visa apa yang sesuai dengan yang kita punya. Karena saya pelajar, saya klik Study (D-2).



Oke, sekarang kita sudah masuk ke bagian persyaratan Visa D-2 (pelajar). Bagian atas adalah aplikasi untuk permohonan visa, sedangkan bagian di bawahnya adalah aplikasi untuk perpanjangan visa. Di bagian ini, akan kita temukan form pendaftaran dalam 3 jenis dokumen, bisa diunduh salah satunya.



Di gambar terakhir ini, saya tunjukkan persyaratan yang perlu dibawa untuk aplikasi perpanjangan visa.



OK, done!

Semoga perjalanan pulang pergi ke Gumi lancar, semoga proses perpanjangan visa lancar, semoga diberi kebaikan dan keberkahan..aamiin :)

Tidak ada komentar: