Jumat, 30 Maret 2012

New Laboratory

Tidak terasa sudah dua tahun saya di Korea. Banyak sekali yang terjadi selama dua tahun ini, luar dalam. hehe.. Alhamdulillahnya adalah setiap kesulitan yang saya hadapi di sini membuat saya banyak belajar dan sadar bahwa sering sekali sifat kekanak-kanakan saya muncul.

Ngomong-ngomong tentang dua tahun, ternyata saya harus pindah ke lab Daegu karena major kami dipindah ke kampus Daegu, sedangkan lab kami di kampus Sangju semuanya diambil alih major lain, pindahan dari kampus Daegu. Isu ini sudah berkembang sejak setahun yang lalu sebenarnya. Tetapi saya meminta kepada Professor agar saya diijinkan untuk tetap tinggal di Sangju. Pertama, karena kampus saya memang di Sangju. Kedua, saya tidak terlalu suka kehidupan di Daegu yang gemerlap. Ketiga, di lab Daegu banyak sekali mahasiswa yang bergabung di lab (kurang lebih dua puluh orang), terdiri dari periset, mahasiswa S1, mahasiswa S2 dan mahasiswa S3. Rasanya saya tak bisa nyaman belajar jika keadaannya seperti itu.

Maka sampai detik-detik terakhir kepindahan pun, Profesor akhirnya mengijinkan saya untuk tetap tinggal di kampus Sangju, meskipun konsekuensinya saya harus pindah lab. Seorang Profesor di jurusan lain, yang notabene masih junior Profesor saya, mengijinkan saya untuk pindah ke laboratoriumnya.



Laboratorium ini ada di lantai empat, masih satu gedung dengan laboratorium saya yang lama. Tidak hanya tempat belajar yang lebih nyaman, tetapi alat-alat penelitian yang lengkap dan bahan-bahan penelitian yang boleh dipakai sesuka hati^_^. "You can do your exeriment in my lab, and also if you need to use some chemicals, just take everything in my lab". Begitu pesan sang Prof. Tidak seperti di lab saya yang lama, mahasiswa yang bergabung di lab ini tidak banyak bicara yang tidak perlu. Mereka lebih sering belajar dan bereksperimen. Padahal mereka baru mahasiswa S1. Rupanya Prof memilih siapa-siapa yang boleh bergabung di lab.nya, mungkin ada syarat khusus yang harus dipenuhi. Artinya tidak seperti Prof yang lain, yang siapa saja boleh bergabung di lab asal masih ada tempat di lab itu.




Akhirnya, saya resmi pindah ke lab baru sejak tanggal 1 Maret 2012. Saya ingat sekali, di tanggal yang sama, 2 tahun yang lalu adalah pertama kalinya saya menginjak kampus ini. And now, it just several months to go, finishing my thesis and going home for good..inshaAllah :)

Tidak ada komentar: