Jumat, 23 Mei 2014

Resep masakan: Miyokguk [미역국] = Sup Rumput Laut ala Korea

Sebenarnya saya tidak pede menulis resep masakan karena saya tidak hobi masak. Tapi apalah daya, sudah kadung berjanji kepada salah satu teman di instagram yang namanya @lutfimega. Ceritanya waktu itu saya sedang kangen miyokguk, salah satu masakan korea favorit saya. Miyokguk berasal dari dua kata, miyok [미역] yang artinya rumput laut dan kuk/guk [국] yang artinya sup/kuah. Biasanya masakan ini disajikan untuk merayakan ulang tahun seseorang di Korea.

Saya menggunakan miyokguk yang merknya 청전원, bisa dibeli di Ranch Ma*ket kalau Anda berdomisili di Surabaya. Tetapi kabarnya beberapa Supe*indo juga ada yang menjual, meskipun tidak semuanya.

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:
1. Rumput laut kering
2. Tiga siung bawang putih
3. Daging merah/ daging cincang 100-200 gram
4. Garam secukupnya
5. Minyak wijen

Resepnya kira-kira begini:
1. Ambil satu genggam rumput laut, letakkan di dalam mangkok, siram dan rendam dengan air biasa (kalau bisa air mineral yang bersih, bukan air PDAM).
2. Sementara menunggu, siapkan 3 siung bawang putih. Kupas bersih, cincang halus.
3. Jika Anda menggunakan daging merah, potong dadu dengan ukuran yang sama. (saya menggunakan daging cincang)
4. Panaskan wajan, masukkan sedikit minyak wijen.
5. Masukkan bawang putih cincang, lalu masukkan daging merah yang sudah dipotong-potong.
6. Tumis sampai harum, lalu masukkan air sedikit.
7. Pisahkan rumput laut dari airnya, lalu masukkan ke dalam wajan.
8. Tambahkan air sedikit, dan aduk rata.
9. Hati-hati menambahkan garam, karena rumput laut kering sudah asin, jadi tambahkan sedikit saja, jika perlu.
10. Masak hingga menddih.

Sup rumput laut siap dihidangkan, taraaa:
















Kalau ingin mencoba resep versi orang korea bisa ditonton di sini:


Tentu saja resep aslinya agak sedikit lebih ruwet, hehe. Tapi dijamin akan lebih nikmat dengan bumbu yang lengkap.

OK, selamat mencoba! ^^

Tidak ada komentar: